OBAMA DAN INDONESIA

Kedatangan Obama ke Indonesia merupakan salah satu acara yang monumental bagi bangsa Indonesia dan juga Obama. Obama adalah bagian dari Indonesia dan Indonesia bagian dari Obama. Memang kehadiran yang luar biasa yang sangat mengharukan bangsa Indonesia dan tidak bisa dilepaska begitu saja. Kenangan yang tidak bisa dilupakan dari waktu sejarah Indoensia bagi dan juga Obama, memang obama hanya berada 4 tahun di tapi nasi goreng, bakso, sate dan krupuk telah merasai lidah presiden Amerika Serikat itu. Muda, kharismatik, cerdas dan punya pribagi yang menarik.
Saya melihat cuplikan pidato Obama dalam kuliah umum,singkat tapi lumayan padat isinya, dari bhinneka Tunggal Ika dan juga Pancasila telah membuat kita lupa bahwa kita ini adaah bangsa yang besar dan kaya akan kekayaan yang luar biasa. Mendengar pidato tersebut saya sebagai bangsa Indonesia merasa khilaf, telah lupa ajaran founding father yang sangat penting yang harus dipahami oleh warga negara Indonesia.
ternyata tidak hanya Obama yang datang ke Indonesia tapi juga Presiden Austria dan saya merasa tidak enak yang ternyata sambutannya tidak semeriah Obama yang disambut dengan sebegitunya dan seharusnya tidak ada perlakuan yang berbeda ke sesama negara. Memang Presiden Austria tidak memiliki hubungan darah dengan Indonesia atau istilahnya kedekatan emosional tetapi yang seharusnya tidak dibedakan seperti Obama.

Komentar

Postingan Populer